Ada Suara Mencurigakan Saat Berkendara, Mungkin Ini Penyakitnya

by
Ilustrasi power steering pada setir mobil Foto: eBay

Jakarta – Apabila Otolovers mendengar suara yang mencurigakan dari kemudi dan sudah tidak enak lagi digerakkan, harap waspada nih. Karena bisa saja loh power steering mobil tersebut sudah terluka parah dan harus segera diganti.

“Kerusakan power steering selain dari seal yang bocor banyak juga penyebabnya seperti stainless yang berkarat. Kalau sudah terdengar bunyi-bunyi atau bocornya parah, harus diganti tuh,” ujar Raka.

Salah satu komponen pada power steering terdapat as yang disana pula terdapat gigi. Kata Raka, bila gigi tersebut haus, pasti akan mengeluarkan bunyi atau bocor besar yang berpotensi membuat stainless karatan.

“Kalau ketika bocor, itu rawan tercampur air atau lumpur. Bila udah kena itu, dia akan karat sedangkan stainless kan ga boleh karatan. Kalau udah seperti ini harus diganti power steeringnya,” kata Raka.

Meskipun kerusakan pada power steering tergolong sulit dilihat dan diprediksi, dirinya menghimbau agar para pengguna mobil lebih berhati-hati dan selalu cek tiap satu kali dalam setahun sistem power steering.

“Dicek saja satu tahun sekali atau dibawa ke bengkel kita, Piranti Stirindo Utama Power Steering Specialist di Duren Sawit, gratis. Atau bisa juga untuk mencegahnya dikasih vitamin seperti cairan yang dicampur ke oli agar kelenturan di salah satu komponen power steering tetap terjaga,” papar Raka.

“Mencegah lebih baik karena bila sudah rusak bakalan sulit dan biayanya besar,” tutupnya. (lth/ddn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *