Benarkah Air Kelapa Muda Bisa Turunkan Hipertensi?

by
Kelapa muda.
Redetik – Air kelapa muda banyak dicari saat cuaca sedang panas tidak hanya menyegarkan, tapi juga air kelapa menyimpan khasiat yang luar biasa untuk tubuh. Karena manfaatnya yang berlimpah, oleh orang Hawaii, air kelapa muda bahkan disebut sebagai “noelani” yang berarti “embun dari surga.”
Air kelapa muda banyak mengandung manfaat antara lain;
-Menghilangkan dehidrasi,
-Mencegah terjadinya penuaan dini,
-Meningkatkan imun tubuh,
-Baik untuk ibu hamil,
-Baik untuk kesehatan kulit,
-Baik untuk kesehatan pencernaan.
Keistimewaan air kelapa muda adalah khasiatnya dan kemampuannya untuk menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa berujung pada munculnya serangan jantung, gagal jantung, stroke dan sebagainya.
Berdasarkan penelitian pasien penderita hipertensi murni yang sedang rawat jalan, minum air kelapa muda sebanyak 2 gelas setiap pagi dan sore bisa menurunkan tekanan darah sebesar 10-20 mmHg dibandingkan dengan tekanan darah awal sebelum terapi.
Bagi penderita hipertensi yang memiliki komplikasi seperti gagal ginjal sebaiknya tidak mengkonsumsi karena tingginya asupan kalium bisa memperparah keadaan.
Tidak hanya bisa menurunkan tekanan darah, air kelapa juga disebut sebagai minuman yang lebih baik daripada minuman berenergi. Air kelapa bisa meningkatkan kesegaran dan energi tubuh tanpa mengandung bahan kimia berbahaya. Dalam sebuah penelitian di tahun 2007, diketahui bahwa pengaruh minum air kelapa lebih baik daripada minuman energi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *