Beras Hitam yang Baik Untuk Penderita Diabetes

by
Beras hitam

Redetik.com, JAKARTA – Diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Glukosa sangat penting bagi kesehatan kita karena merupakan sumber energi utama bagi otak maupun sel-sel yang membentuk otot serta jaringan pada tubuh kita.

Gejala Penyakit Diabetes
1. Sering merasa kelelahan
2. Sering merasa haus
3. Sering buang air kecil, terutama di malam hari
4. Rasa lapar yang begitu ektrem
5. Berat badan yang menurun tanpa sebab
6. Terdapat keton dalam air senim keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup
7. Pandangan menjadi kabur
8. sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih
9. Luka yang lama sulit di sembuhkan
10. Berkurangnya masa otot
Beberapa Faktor Resiko Diabetes
1. Riwayat keluarga
2. Faktor usia
3. Suka merokok
4. Obesitas atau kegemukan badan
5. Kurangnya aktivitas fisik
6. Sering mengkonsumsi makanan yang berkolesterol tinggi
7. Sering mengkonsumsi obat-obatan yang berbahan kimia
8. Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi
Sekilas Tentang Beras Hitam Untuk Diabetes
Beras hitam belum menjadi bahan pangan pokok seperti halnya beras putih, meskipun beras berwarna hitam ini mempunyai nilai gizi tinggi. Beras hitam menjadi bagian penting dalam pemeliharaan kesehatan karena kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Beras hitam merupakan varietas lokal yang mengandung pigmen paling baik, berbeda dengan beras putih atau beras warna lain.
Beras hitam memiliki rasa dan aroma yang baik dengan penampilan yang spesifik dan unik. Bila dimasak, nasi beras hitam warnanya menjadi pekat dengan rasa dan aroma yang menggugah selera makan.Dari kandungan kalori beras hitam lebih rendah, nilai kalori banyak di hasilkan dari tingginya karbohidrat. Nilai kalori beras hitam termasuk yang terendah di antara beras dan ketan. Hanya 362 kcl per 100 gr.
Nilai kalori erat kaitannya dengan indeks glikemik, karena berhubungan dengan kadar gula, sehingga dengan kalori rendah, beras hitam sangat cocok untuk diet serta aman untuk penderita diabetes maupun obesitas. Dan beras hitam membutuhkan waktu lebih lama untuk di cerna, karena memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan sekaligus mempertahankan angka gula darah tetap konstan, oleh karena itu makan beras hitam dalam diet juga membantu anda dalam mencegah resiko diabetes dan mengelola pra-diabetes, karena kandungan gulanya juga rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *