Tujuh Cara Alami Redakan Gusi yang Bengkak

by
Ilustrasi
Redetik, JAKARTA – Gusi yang membengkak dan disertai dengan pendarahan ringan namun sering merupakan gangguan kesehatan mulut yang wajib diwaspadai. Gangguan ini bisa merusak kesehatan kamu sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyebab dari gusi bengkak ini bermacam-macam, Mulai dari kekurangan nutrisi, vitamin, hingga kebiasaan makan yang tidak sehat sehingga menimbulkan infeksi bakteri.

Nah untuk itu anda wajib sekali menyembuhkan masalah mulut ini. Dilansir dari laman Boldsky, ada cara sederhana memulihkan gusi bengkak. Berikut caranya:

1. Kumur dengan air garam

Anda bisa berkumur dengan air garam, air garam memiliki sifat membunuh bakteri yang menginfeksi gusi bengkak. Anda hanya tinggal mencapurkan garam ke air bersih lalu berkumur secara rutin.

2. Cengkeh

Dengan serbuk cengkeh bengkak pada gusi juga bisa dikurangi. Kandungan Eugenolnya berperan sebagai anitoksidan dan anti peradangan sehingga mampu menghentikan infeksi pada gusi.

3. Minyak Jarak

Minyak jarak juga memiliki sifat anti peradangan yang efektif meringankan bengkak pada gusi. Caranya anda tinggal mengoleskan minyak jarak pada area gusi yang bengkak.

4. Jahe

Kandungan antioksidan pada jahe mampu membasmi bakteri yang menginfeksi gusi anda. Caranya anda bisa meminum air rebusa jahe.

5. Air rebusan lemon

Sifat alkalisi pada air rebusan lemon dapat membunuh bakteri di mulut. Kumurlah dengan air lemon secara rutin.

6. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteria dan juga antijamur yang sangat berguna sekali meringakankan bengkak akibat infeksi.

7. Minyak Sawi

Minyak sawi yang bersifat antimikroba mampu sekali mengurangi bengkak akibat infeksi. Caranya anda tinggal mengoleskan minyak sawi pada bagian yang bengkak secara rutin sampai bengkak tersebut mereda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *